Rabu, 18 Februari 2015

Pengantar Catur Untuk Yang Tertarik Berkecimpung di Permainan Ini


Hello^^
Kali ini kita bakal bahas tentang ‘catur’. Semua orang tau kalo catur itu ‘game’nya babeh-babeh sambil ngeronda. Oh, sepertinya pembaca harus tau kalo catur merupakan permainan bergengsi di seluruh dunia. Why? Karena sebenarnya pemain catur itu ga ada batasan usianya, dari anak kecil nyampe kakek-kakek juga boleh banget buat main catur. Tulisan ini sengaja dibuat soalnya penulis dapet request dari temen baiknya Anisa, spesial buat adiknya yang katanya mau dijadiin master catur kalo udah gede^^.

Okey, kita mulai dengan pertanyaan apa itu catur? Oh no,,! Semua orang udah tau^^. Lanjut ke apa tujuan catur? Buat menang dong :D bikin lawannya ‘checkmate’. Apaan tuh checkmate? Posisi dimana rajanya lawan tuh udah ga bisa kemana-mana lagi, tentunya dalam keadaan terancam. Lagi di skak maksudnya, terus gabisa kemana-mana, soalnya sekeliling daerahnya udah dikuasai sama tentara-tentara kerajaan kita. So, gimana caranya menang? Tentunya kamu harus banyak berlatih, ga ada yg bisa hebat tiba-tiba, semua ada usahanya.

Okey, sekarang kita belajar main catur dulu. Ini adalah dasarnya catur.
Pertama, kita harus tau dulu posisi papan dan buahnya, tentunya banyak binggo gambar yang bisa kamu dapet di google. Yang ga boleh sampe lupa, petak putih benteng ada di sebelah kanan kamu, jangan kebalik!! Terus posisi mentri sesuai dengan warnanya, okey!!

Kedua, tiap buah ada nilainya. Eittss!! Kalian udah tau nama-nama buahnya kan? Ada raja, mentri, gajah, kuda, benteng, dan pion. Pasti sebagian orang aneh kenapa yang mirip pocong itu dipanggilnya gajah, soalnya di catur belalai gajah itu di atas!! Hahaaa, oh tudak lucu!! Tapi penulis sebenernya gatau kenapa dinamain gajah, darisananya kali. Tapi kalo pengen keren namanya pake bahasa inggris aja, king, queen, bishop, knight, rook, and pion. Gimana sama nilainya? Kalo raja nilainya tak terhingga, artinya kalo catur ga ada raja ya udah, apa yang harus dikalahkan. Kalo mentri nilainya 9 (sembilan), gajah dan kuda nilainya 3 (tiga), benteng nilainya 5 (lima), terakhir pion nilainya 1 (satu). Terus nilai-nilai ini gunanya buat apa? Ini sangat berguna buat kamu kalo misalnya terjadi pertukaran, atau makan memakan. Misal nih, kamu kehilangan satu pion tapi kamu dapet satu kuda, so kamu unggul 2 (dua) poin dari lawan kamu, kalo sebaliknya berarti kamu yang kalah^^.

Ketiga, kita harus tau caranya mindahin buah catur. Emang gimana? Tinggal mindahin doang kan? Ow ow ow, setiap buah catur punya langkahnya sendiri. Mulai dari raja, langkahnya kemana aja bebas, mau depan, belakang, kanan, kiri, ataupun nyerong, tapi raja cuma boleh pindah satu langkah. Mentri paling enak nih, boleh horizontal, vertikal, atau diagonal, dan bebas sepanjang apapun itu tentunya ga keluar papan catur. Gajah langkahnya cuma diagonal aja. Kuda adalah satu-satunya buah catur yang langkahnya tidak ada yang menyamai, langkahnya berbentuk huruf ‘L’ dan dia bisa melewati tiga petak, spesialnya dia juga bisa melompati apa yang menghalangi jalannya, maka dari itu ga jarang kuda dijadikan lambang/simbol buat organisasi catur. Benteng langkahnya horizontal dan vertikal. Terakhir pion langkahnya cuma maju dan ga bisa balik lagi, setelah melewati petak ke empat pion cuma bisa maju satu langkah, dan cara makan pion itu menyilang, sehingga ga jarang pion tumpuk di permainan catur.

Keempat, yuk sering-sering latihan yang kecil-kecil dulu, mulai dari problem sederhana sampe yang susah. Misalnya kamu udah nyoba mecahin 30 problem catur baru deh kita main caturnya. Pasti gampang banget dapet buku problem catur di toko buku, yuk investasi sedikit biar kamu bisa dapet segudang ilmu. Kalo masalah main catur, kamu bisa mulai latihan di komputer kamu. Windows menyediakan permainan catur dengan nama ‘Chess Titans’, tersedia mulai dari level 1 sampe 10. Kalo kamu udah siap dengan tantangan selanjutnya, coba deh install program ‘Chess Master’ di komputermu, pasti gampang banget nemuin alamat buat download. Hello..!! Ga ada yang susah di zaman serba modern ini^^. Kamu bisa daftar di chess.com biar bisa main catur online bareng temen-temen pecinta catur diluar sana.

Kelima, ikut kompetisi catur. Banyak banget open tournament yang bisa kamu ikuti. Tentunya kamu bakal ketemu banyak orang berbagai usia dari macem-macem klub catur yang mungkin kamu bisa join bareng mereka^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar